Jumat, 23 Januari 2009

Microsoft Siapkan SkyBox, SkyLine & SkyMarket

Microsoft berencana untuk mengumumkan tiga layanan mobile baru di acara Mobile World Congress (MWC) di Barcelona bulan depan. Perusahaan produsen perangkat lunak terbesar dunia ini juga akan mengikuti tren web 2.0, memindahkan data mobile Anda ke cloud dan menyaingi layanan MobileMe milik Apple.

Bulan Oktober tahun lalu Microsoft mengumumkan platform cloud computing Windows Azure di Professional Developers Coference dan akan memperluas tawaran software + services-nya dengan beberapa produk baru. Menurut sumber yang dekat dengan Microsoft, perusahaan tersebut tengah mengembangkan produk dengan kode nama SkyBox, SkyLine dan SkyMarket. Diduga setelah rampung ketiga produk ini akan dipasarkan di bawah merk Windows Live.

Petunjuk tentang dibuatnya SkyMarket pertama kali ditemukan di bulan September 2008 saat Microsoft mengiklankan beberapa lowongan kerja untuk mengembangkan produk yang mirip dengan AppStore untuk iPhone. SkyMarket adalah kode untuk tempat untuk menjual/mendistribusikan aplikasi mobile untuk menyaingi Apple AppStore dan BlackBerry Application Center. SkyMarket hanya akan tersedia untuk ponsel berbasis Windows Mobile dan akan mendistribusikan ribuan aplikasi Windows Mobile yang sudah tersedia hari ini.

Microsoft juga diprediksi akan memperlihatkan Windows Mobile 6.5 di MWC. Neowin mengatakan bahwa versi terbaru ini sudah tengah diuji oleh para produsen ponsel pintar dan akan dirilis pada kuartal pertama 2009.

Screenshot Windows Mobile 6.5


SkyBox adalah layanan untuk mensinkronisasikan informasi dari ponsel ke web. Microsoft akan menawarkan layanan backup dan restore otomatis, akses dan manajemen data ponsel sekaligus memudahkan pengguna untuk membagikan informasi tersebut dengan pengguna lain. Layanan ini akan memungkinkan sinkronisasi contact, email/SMS, kalender dan foto ke cloud, mirip dengan apa yang sudah ditawarkan MobileMe. Perbedaan utama dari layanan ini dengan MobileMe adalah Microsoft tidak membatasi layanan ini hanya pada alat-alat berbasis Windows Mobile saja.

SkyLine akan ditargetkan untuk perusahaan kecil. Menawarkan fungsionalitas yang mirip dengan SkyBox, perusahaan juga akan dapat mengkonfigurasi ponsel mereka untuk digunakan dengan layanan hosting Exchange dengan domain mereka sendiri. (Neowin, gambar diambil dari sini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Video

Sotr Kotu ti Slideshow: Toto’s trip to Jakarta, Jawa, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Create your own stunning slideshow with our free photo slideshow maker.